Insight

Ternyata Solo Traveling Itu Menyenangkan

Banyak dari kamu ingin bepergian menjelajahi destinasi-destinasi keren akan tetapi kadang susah menemukan patner/teman perjalanan yang cocok. Kadang tidak mudah menentukan jadwal perjalanan bersama genk atau adanya perbedaan keinginan, tempat mana yang akan dituju. Saatnya kamu mencoba bepergian sendirian, karena dengan sendirian kadang kamu akan menemukan hal menarik yang tidak ditemukan jika berpetualang bersama teman-teman. Kamu bisa memutuskan ke mana saja yang kamu inginkan dan tidak dibatasi dengan rencana orang lain. Asyik bukan?
Mungkin awalnya kamu akan berpikir kamu akan kesepian karena semua kamu lakukan sendiri, bingung tidak tahu arah, bakal bosan, takut tersesat, takut terkena kriminalitas dll. Padahal semua itu hanyalah ketakutan-ketakutan yang belum terjadi dan belum tentu terjadi pula. Semua harus diawali dengan niat dan persiapan agar perjalananmu menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Cari informasi tentang akomodasi dan transportasinya

Seringkali beberapa destinasi yang akan kamu kunjungi belum ada akomodasi dan transportasi yang sesuai standar yang kamu inginkan, terutama di beberapa daerah di pelosok tanah air kita. Angkutan umum belum tentu beroperasi 24 jam, bahkan ada pula yang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki untuk menuju spot yang kamu idamkan. Begitu pula penginapan, ada yang belum dikelola dengan baik dan cenderung apa adanya. Jika kamu memiliki teman yang memperbolehkan untuk menumpang itu akan membantu banyak.

Packing seringan mungkin

Jangan lupa bahwa kamu akan berkeliling sendirian, tidak akan ada yang membantumu mengangkatkan barang bawaanmu. Bijaksanalah memilih perlengkapan yang akan kamu bawa, buatlah seefisien mungkin agar tidak merepotkan kamu sendiri dalam perjalananmu.
Barang-barang vital jangan sampai tertinggal, misal: obat pribadi, kartu identitas, duit dll

Catat dan beritahu keluarga/teman terdekat kamu

Karena kamu akan berpetualang seorang diri, ada baiknya kamu beritahu anggota keluarga atau setidaknya teman terdekatmu tujuan perjalananmu akan kemana saja. Sehingga jika terjadi hal-hal darurat dan diluar perencanaan sedikit banyak dapat membantu.

Simpan nomor telpon darurat

Ada baiknya kamu menyimpan beberapa nomor telpon penting, misal: polisi, petugas perijinan, nomor penginapan, KBRI terdekat jika kamu ke luar negeri dll

Jangan beritahu orang asing jika anda sendirian

Sebaiknya kamu tidak memberitahu orang asing/ orang yang baru saja kamu kenal bahwa kamu bepergian sendiri, hal ini untuk menghindari hal-hal yang membahayakan dirimu sendiri

Jangan gunakan aksesoris dan perhiasan yang mencolok

Sebaiknya menghindari penggunaan perhiasan, jam tangan, pakaian yang tidak sesuai dengan perjalananmu, untuk menghindari kemungkinan kejahatan yang mengintai

Simpan gadget dan dompet serta kartu identitas

Amankan gadget, dompet, duit, kartu identitas, tiket di tempat yang tersembunyi agar menghindari kriminalitas. Persiapkan uang secukupnya jika akan membeli sesuatu.

Ikuti nalurimu

Sebaiknya kamu tidak menuju lokasi/kawasan jika hati kecilmu ada yang kurang pas. Dengan mengasah kepekaan itu maka perjalananmu akan makin mengasyikkan.

Persiapkan kondisi fisik dan mentalmu

Perjalanan ini tidak akan menjadi menyenangkan jika kamu tidak dalam kondisi fit. Maka dari itu persiapkan dengan baik, terutama mental dalam menghadapi kondisi yang tidak terprediksi di lapangan.
Jika memang saat di perjalanan kondisi fisikmu kurang fit, ada baiknya menambah waktu istirahatmu dan jangan terlalu memaksakan diri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s