Destinasi

Tulamben, Surga di Bawah Laut

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Tulamben sudah sangat terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Apa yang membuat Tulamben begitu terkenal? Tak lain adalah kemudahan dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh situs penyelaman ini. Ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada tahun 1942) yang sangat mudah diakses dan menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai (fun dive) dan photography bawah air.

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Selama musim liburan, lebih dari 100 penyelam mendekati bangkai kapal ini tiap hari.
Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti “banyak batu”, merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben.

Bangkai kapal USS Liberty
Terkenal sebagai salah satu tempat menyelam di bangkai kapal yang paling mudah diakses di dunia. Akses dari pantai dan USS Liberty hanya 30 meter dari pantai dengan kedalaman maksimum sekitar 30 meter. Penyelaman diawali dengan sambutan surgeonfish yang sangat jinak dan tak jarang di tengah penyelaman ditemukan segerombolan bumphead parrotfish, seekor great barracuda dan berbagai siput laut yang warnanya sangat cantik.

Tulamben Wall (Drop Off)
Pada mulanya Tulamben Wall atau yang dikenal dengan nama Drop Off hanya menjadi alternatif bagi pada operator selam untuk penyelaman kedua setelah USS Liberty. Namun pada perkembangannya ternyata Tulamben Wall ini memiliki karakteristik khusus yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan USS Liberty. Wall yang dasarnya di kedalaman sekitar 60-70 meter ini menjadi ajang ujian bagi para penyelam technical dan hewan-hewan bawah air yang berukuran besar seperti hiu karang ataupun hiu martil pernah ditemui oleh banyak penyelam di kedalaman ini. Di bagian atas, terumbu karang warna-warni menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan serta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni pula. Di samping pemandangan bawah laut yang indah, Drop Off juga menawarkan berbagai temuan objek makro yang jenisnya sangat beragam.

Suci’s Place
Mulai tahun 2012 hingga 2013 Matahari Tulamben Resort mulai membuat dive spot baru yang terletak tepat di depan resor. Dive spot baru ini, yang kami namai “Suci’s Place” terletak di kedalaman 9 meter hingga 17 meter di bawah permukaaan laut. Suci’s Place merupakan sebuah taman dengan patung-patung seperti “Buddha” dan ibunya, Dewi “Dewi Tara”, serta berbagai artefak lain yang berbeda. Dive spot ini tidak hanya populer di kalangan para penyelam, tapi juga disukai oleh berbagai macam jenis ikan, murane, cleaner fish, serta hewan laut lainnya sebagai habitat, tempat tinggal baru.
Matahari Reef
Persis di depan Matahari Tulamben Resort, ternyata di setiap gugusan terumbu karang kecil (patch) selalu ditemukan beraneka ragam mahluk langka. Merupakan tempat yang baik untuk berlatih fotografi bawah air. Safety stop di daerah dangkal merupakan tempat yang menarik untuk melihat keindahan dan warna warni terumbu karang serta berbagai jenis ikan yang cocok untuk dipakai sebagai objek foto wide angle.
Di akhir tahun 2012, Suci membuat sebuah proyek menyelam untuk mengembangkan kehidupan bawah laut di kedalaman 15 meter. Proyek ini telah mampu menarik minat berbagai jenis ikan , seperti netmoray. Selanjutnya, mulai Februari 2013 nanti, Matahari Tulamben Dive Center akan terus membuat lebih banyak proyek di sekitar area tersebut agar proyek ini semakin berkembang dan dapat dihuni oleh berbagai variasi jenis mahluk laut.

Paradise Reef
Penyelaman biasanya dimulai di sebelah utara dari Resort Paradise, di kedalaman 3-4 meter akan ditemukan terumbu karang buatan yang kerangkanya berbentuk pesawat. Beberapa pemandu selam menyebutnya sebagai Aeroplane Wreck. Di sini seringkali ditemukan berbagai siput laut, shell dan berbagai jenis kepiting dan udang. Tempat yang ideal untuk penyelaman malam karena dangkal dan kehidupan malam bawah airnya cukup beragam. Menyelam ke arah selatan akan membawa anda ke tempat di mana gugusan terumbu karang baik keras maupun lunak dalam keadaan sehat dan berwarna-warni disertai berbagai jenis ikan karang yang tak kalah cantiknya. Jika anda ingin melihat Ribbon Eel, di sinilah tempat yang paling cocok untuk mencarinya.

Seraya
Surga bagi para photografer makro bawah air. Harlequin shrimp dan kuda laut merupakan bagian dari objek foto sehari-hari. Di samping itu banyak sekali objek makro yang langka yang ditemukan di sini seperti berbagai jenis siput laut dan mimic octopus serta berbagai kepiting dan udang yang cantik dan langka. Dapat diakses dari Tulamben dengan jukung (perahu nelayan tradisional) atau dengan jalan darat sekitar 5 menit ke arah selatan.

Kubu
Sekitar 15 menit perjalanan darat ke arah utara dari Tulamben, belok ke arah kanan, akan ditemui sebuah situs penyelaman yang cukup menarik. Terumbu karang cukup sehat dan banyak jenis ikan ditemui. Pada tahun 2003, pernah ditemukan sekitar 8-10 pygmy seahorse hidup di dalam 1 sea fan.

Advertisements

One thought on “Tulamben, Surga di Bawah Laut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s