Destinasi

Pantai Sanur

Pantai Sanur terletak persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di Kotamadya Denpasar. Akses menuju Pantai Sanur sangatlah mudah karena terletak tidak jauh dari jalan utama By Pass Ngurah Rai.

Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta [1]. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.

pantai-sanur3.jpg

Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai Matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta. Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana.

Sepanjang pantai Bali ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi sekarang sudah dibangun semacam sanderan yang berisi pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk ajang rekreasi pantai anak-anak dan tidak berbahaya.

Selain itu, pengunjung bisa melihat Matahari terbit dengan berenang di pantai. Sebagian kawasan pantai ini mempunyai pasir berwarna putih yang eksotis. Dilengkapi dengan pohon pelindung, pengunjung bisa duduk-duduk sambil menikmati jagung bakar ataupun lumpia yang banyak dijajakan pedagang kaki lima.

Yang bisa dilakukan saat berada di Pantai Sanur

Sepanjang tempat wisata pantai Bali ini sekarang sudah dilengkapi dengan penunjang wisata berupa hotel, restoran ataupun kafe-kafe kecil serta art shop. Anda bisa melihat-lihat bahkan berbelanja oleh-oleh di sini. Macam-macam pernak-pernik aksesoris, patung, baju pantai, topi, kaca mata, dan lain-lain tersedia di sini dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar.

Salah satu hotel tertua di Bali dibangun di pantai ini. Hotel ini bernama Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai.
Selain itu, sepanjang garis pantai juga dibangun semacam area pejalan kaki yang seringkali digunakan sebagai jalur jogging oleh wisatawan ataupun masyarakat lokal. Jalur ini terbentang ke arah selatan melewati pantai Shindu, pantai Karang hingga Semawang sehingga wisatawan bisa berolahraga sekaligus menikmati pemandangan pantai di pagi hari. Tidak hanya berjalan kaki, Anda juga dapat menggunkan sepeda gayuh untuk melewatinya. Jika Anda tidak membawa sepeda, jangan kawatir karena terdapat beberapa tempat yang menyediakan penyewaan sepeda gayuh.

Karena suasana yang tenang terutama di pagi hari, banyak juga orang-orang menggunakan Pantai Sanur sebagai tempat berbagai kegiatan. Misalnya yoga, senam, berlatih karate, berlatih silat, bermain volly, dan kegiatan lainnya.

Di sini juga terdapat perahu berwarna-warni (mencolok) yang akan memanjakan mata Anda. Perahu-perahu ini yang digunakan para nelayan Sanur untuk mencari ikan dan menjadi icon Sanur Festifal.
pantai-sanur2.jpg
Pantai Sanur juga menjadi salah satu jembatan menuju Nusa Lembongan atau Nusa Penida. Terdapat beberapa kapal boat yang siap untuk mengantar Anda. Tentunya Anda harus membeli karcis terlebih dahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s