Kuliner

Ayam Betutu

ayam-betutu

Adalah makanan khas Bali yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Sebenernya, bukan hanya ayam saja yang dapat dimasak dengan bumbu betutu, bebeak juga bisa. Hidangan yang kaya akan bumbu rempah-rempahnya ini sangat populer di Bali dan Lpmbok.

Ayam betutu biasanya dihidangkan campur bersama masakan lainnya. Seperti urap-urap yaitu sayur yang di rebus lalu dicampur dengan kelapa muda parut beserta bumbu, ayam kuah, ayam goseng, telur rebus (bisa asin atau tidak), kacang tanah goreng, dan sambal mentah. Sambal mentah atau yang sering disebut “sambal matah” adalah sambal yang terbuat dari irisan bawang merah, dicampur dengan cabai, dan minyak kelapa.

Hidangan tradisional ini sangat populer saat ini. Hal ini dapat ditemukan dalam menu mewah hotel atau restoran di Bali . Dibutuhkan setidaknya 24 jam untuk memasak. Banyak wisatawan dari daerah lain di Indonesia membawa piring Betutu sebagai-hadiah Bali untuk keluarga mereka. Hidangan ini juga populer di kalangan turis yang berwisata ke Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s