Destinasi

Tanah Lot (Bali is Beautiful)

tanah-lot

Tanah Lot (Bali)
Terletak di  Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di sini terdapat dua pura. Pura yang berada di sebelah utara dinamakan Pura Tanah Lot dan yang satunya Pura Karang Bolong. Pura Karang Bolong di bangun di atas tebing yang menjorok ke laut.

Legenda
Pura ini dibangun oleh pengembara (kaum brahmana) dari Jawa yang bernama Danghyang Nirartha yang juga berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut (abad-16).  Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhirnya disebutkan bahwa Bendesa Beraben menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pura Tanah Lot akan kelihatan dikelilingi air laut  pada saat air laut pasang. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut, yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, berwarna hitam berbelang kuning.

Tanah Lot hampir tidak pernah sepi, setiap harinya selalu datang wisatawan dari dalam dan luar negeri yang datang kemari. Karena Tanah Lot merupakan salah satu tempat yang terkenal di Bali. Pemandangan yang paling indah adalah ketika sore hari, karena dari sini kita dapat melihat matahari terbenam dengan jelas.

(SB & U)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s