Pesona

Bali Kuno Nan Eksotis

Bali adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Sebuah tempat mengagumkan dan menyimpan keindahan alam dan budaya yang begitu memikat. Di sini kebudayaan terus dilestarikan dari generasi ke generasi.
kumpulan-foto-Kehidupan-Sosial-Masyarakat-Bali-kuno-jadul-tempoe-doeloe-dulu-old-vintage-photograph-1910-1950s-7.jpg

kumpulan-foto-Kehidupan-Sosial-Masyarakat-Bali-kuno-jadul-tempoe-doeloe-dulu-old-vintage-photograph-1910-1950s-47.JPG

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara astronomis, Bali terletak di 8°25’23? Lintang Selatan dan 115°14’55? Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.

Bali Sebelum Tahun 800
Tonggak awal rentangan masa Bali Kuno, adalah abad VIII. Atas dasar itu maka periode sebelum tahun 800 sesungguhnya tidak termasuk masa Bali Kuno. Gambaran umum periode tersebut diharapkan dapat menjadi landasan pemicaraan mengenai masa Bali Kuno, sehingga terwujud uraian lebih utuh. Gambaran periode sebelum tahun 800 itu meliputi masa prasejarah Bali dan berita-berita asing tentang Bali, khususnya yang berasal dari Cina.
Babakan masa prasejarah Bali pada dasarnya sesuai dengan babakan masa prasejarah Indonesia secara keseluruhan. Babakan itu meliputi tingkat-tingkat kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan (baik yang tingkat sederhana maupun tingkat lanjut), masa bercocok tanam, dan masa perundagian atau kemahiran teknik.

Para ahli tampaknya sepakat menyatakan bahwa kehidupan bercocok tanam merupakan “tonggak sejarah” kemajuan peradaban umat manusia yang sangat penting. Di antara mereka, bahkan ada yang menyatakan bahwa perubahan ke tahap kehidupan itu merupakan revolusi pertama dan sangat besar dalam sejarah peradaban umat manusia. Menurut H.R. van Heekeren, nenek moyang pendukung kebudayaan ini di Indonesia, termasuk yang di Bali, sudah menyebar dari tanah daratan Asia Tenggara. Mereka memasuki wilayah kepulauan lebih kurang pada tahun 1500-1000 sebelum masehi, setelah menempuh perjalanan panjang melalui darat, sungai, dan laut (1955 : 40-42).

Jumlah penduduk yang semakin bertambah memungkinkan desa-desa tumbuh semakin banyak dan berkembang semakin pesat. Kehidupan bergotong royong kian diperlukan, diversifikasi dalam berbagai aspek kehidupan, baik yang berkenaan dengan mata pencaharian hidup maupun tugas dan fungsi seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat, kian berkembang pula. Kelompok-kelompok sosial dengan keterampilan tertentu, misalnya yang terampil dalam bidang arsitektur, seni pahat, seni tabuh, dan seni tari, semakin dibutuhkan oleh masyarakat dan serta merta mempercepat terwujudnya masyarakat yang heterogen.

Bali Tahun 955-1343
Pada periode ini diketahui sejumlah raja yang pernah memerintah Bali, tetapi belum ditemukan nama ibu kota yang menjadi pusat pemerintahannya. Raja pertama pada periode ini adalah Sang Ratu Sri Haji Tabanendra Warmadewa yang memerintah bersama-sama dengan permaisurinya, yaitu Sri Subhadrika Dharmadewi, tahun 877-889 Saka (955-967) Mereka menggantikan raja Ugrasena.

Bali Tahun 1900-an
Pada tahun 1930-an, antropolog Margaret Mead dan Gregory Bateson, Liburan Bali, Akomodasi, Panduan Wisata dan seniman Miguel Covarrubias dan Walter Spies, dan musikolog Colin McPhee menciptakan citra barat tentang Bali sebagai “tanah terpesona yang damai dengan diri mereka sendiri dan alam”, dan pariwisata Barat pertama kali dikembangkan di pulau Bali pada saat itu.

Pada tahun 1900-an ini juga terjadinya penjajahan oleh Belanda dan Jepang. Sampai akhirnya Bali dapat membebaskan diri dari penjajahan Jepang pda tahun 1946 dan Bali resmi masuk dalam “Republik Indonesia” ketika Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 29 Desember 1949.

Masyarakat Bali sangat menjunjung tinggi budaya dan agama mereka yg telah di lestarikan oleh masyarakat bali secara turun menurun. Kemudian budaya Bali ini sangat terkenal dimata dunia sehingga masyarakat bangga dan akan menjaga budayanya tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s