Destinasi

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Kawasan obyek wisata Kintamani tidak hanya menawarkan panorama indah Gunung Batur dengan danaunya, tetapi ada beberapa obyek lain yang patut anda kunjungi di Kintamani ini. Salah satunya adalah pemandian air panas alami di pinggir danau Batur yang air panasnya bersumber dari gunung Batur.

toya2.jpg
Terletak di daerah Toyabungkah, Desa Batur, Kabupaten Bangli, Kintamani. Sekitar 90 kilometer dari Kuta. Toya Bungkah adalah pemandian air panas yang merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer di Kintamani. Kawasan pemandian Toya Bungkah ini cukup mudah diakses oleh wisatawan. Akses jalan menuju obyek wisata ini cukup bagus walaupun berkelok khas wilayah pegunungan.Akses jalan menuju obyek wisata ini cukup bagus walaupun berkelok khas wilayah pegunungan. Akses jalan menuju obyek wisata ini cukup bagus walaupun berkelok khas wilayah pegunungan.

Kawasan obyek wisata Toyabungkah ini secara profesional dikelola oleh desa Pekraman Batur yang kemudian memberi nama Batur Natural Hot Spring. Di tempat ini wisatawan bisa merasakan sensasi mandi di pancuran air panas yang bersuhu 38-39 derajat celcius. Pemandangan Danau Batur terhampar di depan kolam renang. Di seputar area ini banyak keramba apung tempat mengembangbiakkan ikan mujair.

Sejarah
kawasan ini mulai dikembangkan sebagai tempat berendam air panas alami sejak tahun 2009 – 2010. Bahkan kini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan kolam khusus di desa Pakraman, sebelah barat danau Batur. Obyek Toya Bungkah Kintamani ini memiliki arti yang cukup unik. Toya berarti Air sedangkan sedangkan Bungkah berarti bebatuan. Sesuai dengan namanya berarti air yang mengalir di sela-sela bebatuan.Seiring berkembangnya waktu, pemandian air panas Toya Bungkah semakin dikombinasikan dengan paket menginap oleh hotel-hotel besar di wilayah ini maupun di wilayah Kintamani.

Manfaat Berendam di Air Panas Alami
Pemandian Toya Bungkah di kawasan Batur Kintamani ini mengandung kadar belerang dan mineral yang tinggi, maka memiliki manfaat bagi wisatawan diantaranya:

  1. Mengeluarkan racun. Saat berendam di air panas dengan suhu 30-45 derajat, dengan waktu maksimal 30 menit, maka pori-pori kulit akan terbuka sehingga racun terlepas dan bahkan menjadi inactive setelah bersenyawa dengan mineral dan sulfur.
  2. Menghilangkan kepenatan, pegal-pegal dan memperlancar peredaran darah.
  3. Mengobati beberapa penyakit kulit, seperti jerawat, eksim dan jamur. Selain itu sakit kepala dan stressing tinggi dapat diredakan dengan berendam di air panas.
  4. Beberapa kasus insomnia (sulit tidur) dapat disembuhkan dengan berendam air panas.
  5. Khusus obyek wisata di kawasan danau Batur di Kintamani ini, karena memiliki pemandangan yang sangat indah, acara berendam dengan pasangan secara private adalah pengalaman romantis yang tidak terlupakan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s