Pesona

Hari Raya Nyepi – Bali

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Sakayang jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka. Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi.

melasti.jpg

Tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi, Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut.

Pengerupukan & Ogoh-Ogoh

ogoh.jpg

Pengerupukan terjadi tepat sehari sebelum hari Nyepi. Pengerupukan adalah upacara yang dilakukan untuk mengsir Bhuta Kala atau segala hal yang bersifat buruk dan dilakukan pada sore hari (senja; Sandhikala). Pengerupukan dilakukan setelah upacara meracu.

Pengerupukan dilakukan dengan cara menyebar-nyebar nasi tawur, mengobor-ngobori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul benda-benda apa saja yang bisa menghasilkan bunyi keras sehingga suasana menjadi gaduh.

Khusus di Bali pengerupukan dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Bhuta Kala yang diarak keliling lingkungan dan kemudian dibakar. Tujuannya juga untuk mengusir Bhuta Kala dari lingkungan sekitar.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s