Sehat · Style

Scrub Alami Untuk Wajah Berminyak

Pada dasarnya kulit manusia memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit juga berperan aktif dalam menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit lebih kenyal. Namun kelebihan minyak pada kulit, wajah khususnya akan menambah masalah baru bagi kita.

Wajah berminyak selain menyebabkan kurangnya percaya diri juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah. Akibatnya pori wajah tertutup dan timbulah jerawat. Wajah berminyak dapat disebabkan karena suka mengkonsumsi makanan yang berlemak, hormon yang tidak seimbang, salah pilih kosmetik, stres, faktor genetik, pergantian musim, serta pola hidup yang tidak sehat.

Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mengurangi kadar minyak dalam wajah Anda menggunakan scrub yang Anda bisa buat sendiri.

Scrub Minyak Zaitun

zaitun.jpg
Bagi sahabat yang memiliki jenis kulit wajah kering, sahabat dapat mencoba untuk menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah dan memberikan kelembapan pada tekstur kulit yang kering. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan 2 sendok teh dula ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu gosok dan pijatlah dengan lembut ke bagian wajah, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukanlah secara rutin untuk membuat kulit menjadi tidak kering dan lembut.

Scrub Lemon

lemon.jpg
Bagi sahabat yang memiliki jenis muka berminyak, sahabat dapat membuat scrub dengan menggunakan buah lemon. Buah lemon mengandung Vitamin E yang dapat bermanfaat untuk menjaga, melembapkan, dan menyeimbangkan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Caranya juga sangat mudah hanya dengan menyiapkan 1 buah lemon, lalu peras. Kemudian hasil perasan tersebut dicampurkan dengan air garam. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat dari arah bawah ke atas. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Scrub Kopi

kopi.jpg
Kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu untuk menghancurkan lemak di bawah permukaan kulit. Sahabat dapat mencoba untuk membuat scrub kopi dengan cara mengambil 1 genggam kopi bubuk dan campurkan dengan 2 sendok teh gula pasir. Kemudian tuangkan sedikit air hangat dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu oleskan scrub kopi tersebut ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Scrub Garam

garam.jpg
Garam bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi dan dapat menghaluskan kulit wajah. Untuk itu selain sebagai bumbu dapur, garam juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Caranya campurkan 1 cangkir air garam dengan minyak zaitun, setelah itu tambahkan 5 tetes minyak esensial. Kemudian aduk hingga rata, setelah itu oleskan dan pijat wajah dengan lembut, diamkan selama beberapa menit hingga minyak meresap pada kulit wajah. Bilas dengan air hangat dan usaplah dengan handuk kecil hingga kering.

Scrub Madu

madu.jpg
Madu berkhasiat sebagai antiseptik yang dapat mematikan bakteri dan mencegah infeksi di bawah kulit, karena madu mengandung Vitamin C, magnesium dan asam amino. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan 2 sendok teh gula pasir, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s