Kuliner

Salad Buah & Salad Rumput Laut dari Bali

Tidak hanya tempat wisatanya yang menawan, Bali juga menyuguhkan berbagai kuliner khas yang unik dan memiliki cita rasa tersendiri. Seperti salad buah yang disebut rujak. Rujak yang kita kenal biasanya terbuat dari potongan berbagai jenis buah ditambah dengan bumbu dari gula merah (gula aren) ditambah sedikit asam. Tetapi di Bali ada beberapa rujak yang diracik dengan bumbu yang beda dari rujak biasanya. Yang menjadi favorit para pendatang ke Bali ialah “rujak bulung” dan “rujak kuah pindang”.

Rujak Bulung

rujak1
Bahan dasarnya bukan buah-buahan melainkan rumput laut. Diperkirakan rujak ini tercipta karena hampir seluruh daerah pesisir barat dan utara Bali terdapat hamparan rumput laut. Sebagian besar rumput laut tersebut di ekspor ke daerah lain maupun luar negeri dan sebagaian warga Bali memanfaatkannya sebagai bahan makanan.
Jenis rumput laut yang digunakan untuk rujak bulung adalah rumput laut hijau. Bahan ini kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda lalu disiram kuah pindang yang telah ditambah cabai rawit (jika ingin pedas) terkahir diberi kacang kedelai goreng. Sebagian ada yang memakannya hanya seperti itu dan ada juga yang memakannya ditambah potongan ketupat. Selain enak sudah dipastikan rujak bulung ini kaya akan serat. Campuran dari gurih, sedikit manis, dan pedas membuat siapapun akan ketagihan setelah mencobanya.

Rujak Kuah Pindang

rujak
Rujak ini terbuat dari buah-buahan seperti rujak yang biasanya. Yang membuat beda adalah kuah pindangnya. Buah-buahan yang telah diiris kemudian disiram dengan kuah pindang yang telah dicampur dengan cabai dan terasi. Bagi Anda yang belum pernah mencoba mungkin akan terdengar aneh, namun bisa dipastikan setelah mencobanya Anda akan ketagihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s