Insight

Liburan Hemat dan Menyenangkan

Lakukan Survei Lokasi Liburan

Tentukan terlebih dahulu kemana Anda akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang Anda ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu tentang liburan atau tidak. Survei bisa dilakukan melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel. Dengan melakukan survei Anda dapat menghitung kisaran uang yang Anda butuhkan untuk berlibur ke tempat yang Anda tuju dan jika beruntung Anda bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon, sehingga keinginan Anda untuk berhemat menjadi lebih mudah.

Pemesanan dari Jauh Hari

liburan1.jpg
Setelah mensurvei dan sudah menemukan tempat tujuan Anda, mulailah memesan tiket transportasi , tempat penginapan, atau bahkan jika ada tiket tempat wisata yang dituju. Hal ini dilakukan karena biasanya pemesanan yang dilakukan dari lama sebelum hari H akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau bisa juga mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama Anda berlibur.

Waktu

Usahakan jangan berlibur saat musim liburan. Di kebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season. Oleh karena itu Anda akan lebih hemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu Anda akan lebih leluasa menikmati liburan Anda jika pergi di saat bukan musim liburan karena biasanya tempat-tempat wisata lebih sepi.

Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan

Lupakan tentang liburan mewah jika Anda ingin berhemat. Utamakan kenyamanan Anda, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu wisata. Asalkan nyaman liburan Adna akan menyenangkan.

Uang Tunai
liburan2.jpg
Dengan membawa uang tunai Anda dapat melihat langsung berapa uang yang tersisa sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang. Untuk jaga-jaga tetaplah bawa debit dan kartu kredit (Hal ini untuk membantu kamu saat membutuhkan uang mendadak).

Catat Pengeluaran Selama Liburan

Catatlah setiap pengeluaran yang Anda keluarkan walaupun sekecil apapun itu. Hal ini akan membantu Anda mengatur dan mengetahui kemana saja uang Anda mengalir. Dengan begitu Anda bisa menekan kemungkinan Anda untuk boros atau berfoya-foya yang membuat liburan Anda menjadi mahal.

Berbelanja
liburan3.jpg
Hal ini harus menjadi pokok pikiran terkahir Anda. Karena ini seringkali menjadi sumber pengeluaran terbesar Anda saat berlibur. Jangan jadikan belanja oleh-oleh sebagai prioritas utama jika Anda tidak ingin kehabisan uang dihari-hari liburan selanjutnya. Selain itu carilah tempat belanja yang murah dan bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam daripada toko cindera mata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s