Destinasi

Asyiknya Snorkeling Di Amed

Mendengar kata “Amed” bayangan kita pasti langsung pada “Tempat snorkeling yang menakjubkan”. Amed adalah salah satu daerah di Bali bagian timur, tepatnya di Karangasem. Pantai Amed berpasir hitam dan berlatarkan pemandangan Gunung Agung. Membutuhkan waktu sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan dari Kuta ke Amed.
amed.jpg
Pantai Amed – Bali Timur menawarkan keindahan yang layak diacungi jempol. Inilah surga dari kecantikan eksotis yang luar biasa, budaya hidup dan wajah-wajah orang yang ramah. Di sini Anda dapat menemukan kedamaian dan ketenangan, menikmati makanan yang enak dan menikmati keuntungan dari akomodasi yang nyaman dan murah.

Selain itu Amed juga menawarkan tempat penyelaman yang sangat mengagumkan dan merupakan tempat yang asyik bila Anda ingin berlatih menyelam. Amed memiliki laguna yang rata dan terumbu karang cukup dengan berenang selama 5 menit untuk bisa menikmatiĀ  pemandangan mengagumkan ini.

Akses Lokasi

Lingkungan Pantai Amed masih sedikit terisolir karena hanya diver yang suka datang dan menginap di wilayah ini. Kondisi tanah sekitar Amed masih sangat kering dan tandus karena bekas aliran lava Letusan gunung api (Gunung Agung) pada tahun 1963. Sepanjang wilayah amed ditutupi oleh padu pasir dan bekas lava sehingga kondisi sangat tandus, jarang terjadi hujan di wilayah ini sehingga air sepanjang pantai Amed sangat jernih dan bening sangat cocok untuk wisata bahari terutama diving dan snorkeling. Aliran Lava cair yang masuk ke laut menjadi pupuk subur untuk tumbuhnya trumbu karang di sekitar perairan Amed, sehingga ribuan wisatawan yang suka melakukan penyelaman ingin melihat keindahan bawah laut Pantai Amed dan sekitarnya.
amed1.jpg
Sepanjang perjalanan menuju Amed, anda akan melihat dua kondisi yang drastis berbeda antara Bali Selatan dan Bali Utara, yang mana Bali Selatan tanah cukup subur dan banyak pohon rindang bisa kita temui sepanjang perjalanan namun setelah memasuki wilayan Bali Timur menuju Bali Utara sepanjang kecamatan Kubu, kita akan sangat jarang menemukan pohon rindang bahkan tanah gundul dan tandus serta lava beku yang kita lihat, sehingga temperatur udara sekitar Amed bisa mencapai 35-36 derajat Celcius, bagi para penyelam dan wisatawan yang ingin melakukan kegiatan snorkeling harus melengkapi diri dengan lotion pelindung kulit dari terik matahari. Disarankan memakai pakaian yang mudah menyerap keringat dan tipis supaya tidak kepanasan selama beriwisata di Pantai Amed dan sekitarnya.

Lokasi ini sangat dianjurkan untuk penyelam pemula. Dengan perahu maka Amed memiliki celah-celah batu karang yang bagus untuk dilewati saat menyelam. Kegiatan ini menyenangkan dan layak bagi semua orang. Snorkeling dan menyelam di pantai pasir hitam di sini merupakan hal yang luar biasa, jenis dan jumlah ikan di pantai ini termasuk yang terbaik di antara pantai-pantai lainya di Bali dan suhu airnya 28 derajat. Segerombolan ikan kardinal, triggerfish, kakap hitam, kupu-kupu piramida, ikan banner, dan damselfish dapat dilihat di bali pasir, karang meja, gorgonia fan besar, Acropora, pohon Dendronephthya, spons, crinoid, dan sea fans yang biasa ditemukan di kedalaman 20 meter.

Advertisements

3 thoughts on “Asyiknya Snorkeling Di Amed

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s