Destinasi

Melasti Beach

Jika mengingat bahwa wisata di Bali terutama Bali bagian selatan penuh dengan pengunjung baik domestik atau luar negeri, sepertinya akan susah menemukan wisata menarik dan sepi di Bali Selatan. Namun jangan kecewa dulu guys! Karena telah buka tempat wisata pantai baru yang masih sepi pengunjung dan masih terlihat alami. Pantai Melasti adalah namanya.

Pantai Melasti adalah wisata pantai berpasir putih dan berada di tempat bukit kapur bersemayam. Terletak di Jalan Melasti, Banjar Kelod, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung , Bali. Berjarak 26 km atau kira-kira waktu 50 menit perjalanan dari Denpasar. Dari pantai Pandawa hanya menempuh jarak 8,6 km atau 18 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pantai ini bersebalahan dengan pantai Bali Clift atau Pantai Green Bowl atau Pantai Batu Pageh yang berjarak 5,3 km atau 9 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Disebut Pantai Melasti karena pantai ini kerap dipakai untuk upacara Melasti oleh warga sekitarnya pada hari tertentu misalnya sebelum hari raya Nyepi.

Dulunya akses jalan ke pantai sangatlah sulit karena dikelilingi oleh tebing karang yang sangat tinggi dan terjal.   Semenjak tebing karang tersebut dibelah dan dibuat jalan beraspal yang sangat baik sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat bisa menjangkau lokasi pantai ini.

Yang Menarik

Di depan Pantai Melasti terdapat bukit dari tanah kapur yang telah di potong-potong untuk dibangun jalan dan menjadi pemandangan yang begitu menakjubkan. Terbentuk tebing tinggi berwarna putih seperti tahu raksasa yang berjajar dan menjadi jalan sebagai akses wisatawan menuju pantai.

melasti.jpg

Saat air pantai surut,  rongga-rongga batu yang menyerupai kolam akan memberikan air jernih sebagai tempat yang segar untuk berendam. Atau kalian bisa juga mengamati ikan-ikan kecil yang nampak jelas, terperangkap dalam kolam kecil itu.

Ketika pasang ombak tinggi dan berwarna biru sangat cocok bagi peselancar sebagai arena surfing.

melasti1.jpg

Pantai ini masih belum banyak diketahui orang bamyak, jadi ketika berkunjung ke pantai ini seperti berada di pantai pribadi.

Jurang tinggi yang memisahkan jalan beraspal menuju Pantai Melasti ini juga menjadi idola para pengunjungnya. Bahkan jalanan itu kerap menjadi latar belakang lokasi pengambilan foto, karena dari ketinggiannya 100–150 meter, Pantai Melasti terlihat cantik dari situ.

Di salah satu titik terdapat tebing tinggi dan mengalir air dari atas layaknya air terjun. Dan sering menjadi objek photography. Dari pemandangan yang kelihatannya biasa-biasa aja, bisa terlihat sangat berbeda ketika foto itu jatuh di tangan  photografer handal.

melasti3.jpg

Untuk kalian yang kebetulan berlibur ke Bali, datang saja ke Pantai Melasti di Sore hari. Habiskan waktu dengan duduk santai di atas butiran pasir putih halus sambil menunggu matahari terbenam.

Selain itu Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, piknik, memancing, dan berjemur.

melasti2.jpg

Memang Pantai Melasti ini adalah pantai favorit banyak orang. Peminat pantai Melasti kebanyakan dari warga setempat atau wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara hanyalah pengunjung yang kebetulan menginap di vila sekitar pantai Melasti. Bahkan pada hari Sabtu dan Minggu, Pantai Melasti ini akan menjadi tempat favorit bercengkrama kaum muda-mudi setempat. Pantai Melasti hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Lapangan Desa Ungasan yang dulunya digunakan sebagai lokasi syuting film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Robert.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s