Sehat

Cara Mudah Mengatasi Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling ditakuti sebagian besar orang di dunia. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit yang gejalanya tak bisa diketahui dengan mudah. Yang lebih mengerikan, kanker merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang seseorang tersebut masih muda atau sudah tua, dari keluarga sederhana atau keluarga kaya.

Kita boleh khawatir mengenai hal ini, tapi, usahakan agar tidak terlalu khawatir berlebihan ya? Ketika pikiran stres dan terlalu khawatir, sel kanker di dalam tubuh justru bisa berkembang lebih cepat dan berbahaya. Jadi, disarankan agar kita tetap tenang dan melakukan pencegahan terhadap risiko kanker ini. Pencegahan terhadap risiko kanker sendiri bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat, melakukan check up secara berkala dan konsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk mencegah kanker.

Dikutip dari laman top10homeremedies.com, setidaknya ada 5 makanan yang bisa kita konsumsi untuk mencegah risiko kanker. 5 makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Brokoli

brokoli.jpg

Para ahli percaya bahwa brokoli merupakan salah satu sayur yang sangat baik untuk mencegah risiko kanker. Nutrisi, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalam sayur brokoli sangat dipercaya bisa membunuh sel kanker dalam tubuh. Studi yang dilakukan di Linus Pauling Institute, di Oregon State University mengungkapkan bahwa konsumsi brokoli secara teratur setiap hari atau minimal 2 kali seminggu, hal ini akan bantu kita terhindar dari kanker terutama kanker payudara dan kanker serviks.

Teh Hijau

teh.jpg

Sejak zaman dulu teh hijau memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan dan minuman yang sangat baik untuk mencegah risiko kanker. Antioksidan dan nutrisi yang terkandung di dalam teh hijau dipercaya bisa membunuh sel kanker dalam tubuh secara perlahan. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2008 dan dipublikasikan di jurnal yang berjudul Chinese Medicine menyebutkan jika nutrisi dari teh hijau bisa membunuh sel kanker dalam tubuh dengan baik. Tak hanya itu saja, teh hijau juga memiliki manfaat lain seperti halnya menjaga kesehatan jantung, liver, otak dan sistem pencernaan.

Jahe

jahe.jpg

Makanan sehat selanjutnya yang juga dipercaya dan terbukti ampuh membunuh sel kanker dalam tubuh adalah jahe. Ya, selain mampu menghangatkan tubuh, nutrisi dan zat antioksidan yang sangat tinggi dalam jahe begitu dipercaya mampu mencegah risiko kanker. Sebuah studi yang dipublikasikan di salah satu jurnal kesehatan di Inggris menyebutkan bahwa kandungan nutrisi pada jahe bisa membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dengan baik. Minum 2 sampai 3 cangkir wedang jahe setiap hari dikatakan bisa mencegah kamu dari risiko kanker.

Bawang Putih

bawang-putih.jpg

Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, nutrisi dan zat antioksidan yang terkandung di bawang putih ini dikatakan bisa menurunkan risiko kanker. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh American Association for Cancer Research menyebutkan kalau bawang putih bisa menghambat pertumbuhan sel kanker penyebab kanker pencernaan dan kanker paru-paru.

Sayur Bayam

bayam.jpg

Makanan selanjutnya yang bisa bantu kamu mencegah risiko kanker adalah sayur bayam. Ya, konsumsi sayur bayam segar atau olahannya dipercaya bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hampir sama seperti halnya teh hijau, nutrisi dan zat antioksidan yang terkandung di dalam sayur bayam ini juga sangat baik mencegah risiko kanker. Bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ dalam seperti halnya ginjal, paru-paru, liver dan jantung.

Ladies, itulah sedikitnya 5 makanan yang bisa bantu cegah risiko kanker saat kita mau mengonsumsinya secara teratur. Tak hanya makanan di atas saja, makanan lain yang juga sangat baik untuk mencegah risiko kanker antara lain adalah buah blueberry, buah delima, kacang almond dan buah anggur.

Tapi tetap ya, agar bisa terhindar dari risiko kanker, kamu perlu melakukan pola hidup sehat, olahraga cukup, istirahat cukup, menghindari rokok, minuman beralkohol, obat terlarang dan segala makanan serta minuman kaleng. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa juga, buat minum air putih cukup dan melakukan check up secara berkala.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s