Sehat

Tambah Cantik dengan Makan Enak

Siapa bilang untuk mendapatkan kulit cantik, bebas noda, dan bersinar kita harus menjauhi makanan yang enak-enak? Katakan “NO WAY” untuk anggapan tersebut. Pasalnya makanan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit cantik yang sempurna.

Caranya? Tentunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi untuk kulit. Baik makanan mentah ataupun yang sudah diolah pun tetap sama bermanfaat untuk kesehatan kulit. Namun yang perlu diperhatikan adalah adanya batasan pemakaian gula, garam, bahan penyedap, atau bahan-bahan lainnya yang instan (terutama berbau kimia). Secara tidak sadar bahan-bahan yang disebutkan tersebut berbahay bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk kalian yang sangat menjaga kecantikan (terutama kaum hawa), kami siapkan beberapa menu yang enak, “ENNAAAKKK BAAANGEETTS” yang bisa menjadi menu makanan kalian guys. Dan tentunya gak kalah hits.

Granola

granola.jpg

Menu sarapan yang lagi hits ini memang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kulit. Granola terbuat dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering yang baik untuk kesehatan kulit.

Menurut Lisa Hayim (ahli diet terdaftar dan pendiri The WellNecessities), biji-bijian dan kacang merupakan sumber protein dan zinc, komponen pembentuk kolagen yang sangat diperlukan untuk elastisitas kulit. Selain itu, buah-buahan dalam granola kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Kamu bisa membuat granola sendiri atau mendapatkan granola dalam kemasan yang tersedia di pasaran. Tetapi sebagian besar granola kemasan mengandung gula dan perasa yang berlebihan. Jadi kamu harus cermat dalam memilihnya.

Jus Jeruk

jus-jeruk.jpg

“Jeruk kaya akan air dan membantu untuk mengisi ruang di antara sel-sel, meminimalkan munculnya stretch mark,” tutur ahli gizi Lyssie Lakatos, RDN, CDN, CFT dan Tammy Lakatos Shames, RDN, CDN, CFT, penulis The Nutrition Twins’ Veggie Cure. Selain itu, vitamin C dalam jeruk membantu kulit lebih kenyal dan antioksidan di dalamnya membantu menyembuhkan tubuh dari kerusakan.

Pastikan untuk memilih jus jeruk alami yang tidak ditambahkan gula atau bahan pengawet.

Salad Chuka-wakame

wakame.jpg

Hobi makan salad chuka wakame di restoran-restoran Jepang? Salad ini terbuat dari wakame, rumput laut Jepang yang ditaburi wijen. Kadang juga disajikan bersama idako (gurita bayi), kurage (irisan ubur-ubur), dan serutan mentimun.

Wakame termasuk salah satu jenis sayuran laut yang kaya akan nutrisi. Selain tinggi fitonutrien, khususnya yodium, sayuran laut juga dapat membantu mengatur tiroid, membakar lemak dan mengkonversi karoten menjadi vitamin A, nutrisi penting untuk kesehatan kulit, rambut dan mata.

Smoothie Buah dan Sayur

smhootie-vege.jpg

Smoothie merupakan cara mudah dan enak untuk mendapatkan nutrisi dari buah dan sayuran segar sekaligus. Walaupun terbuat dari sayuran mentah, tak terasa langu karena dipadukan dengan buah-buahan yang manis dan segar.

Louise Roe (mantan editor Vogue), punya resep smoothie istimewa untuk mempercantik kulit dan menjernihkan warna mata dalam waktu 4 hari saja. Smoothie enak dan berkhasiat ini dibuat dari bayam, selada air, peterseli, avokad atau alpukat, pir, dan jeruk nipis.

Bayam sarat dengan besi dan kalium, dan lutein yang bisa menjernihkan mata. Selada air mengandung antioksidan dan kalsium yang tinggi. Peterseli mengandung kadar vitamin C dan beta-karoten yang dapat memperbaiki dan memperbarui sel-sel kulit. Klorofil dan vitamin K dalam peterseli juga dapat membantu mengurangi bengkak di wajah dan menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata. Alpukat kaya akan asam lemak sehat yang baik untuk menjaga elastisitas kulit. Pir tinggi serat namun memiliki indeks gliserin rendah. Indeks gliserin yang rendah dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam tubuh dan sel-sel kulit, sehingga menghambat kerusakan kolagen.

Dark Chocolate

dark-chocolate.jpg

Dark chocolate atau cokelat hitam ternyata mengandung gizi yang penting untuk keremajaan kulit. Flavonol dalam cokelat hitam akan melembapkan kulit dan menjadikannya lebih kencang.

Pilihlah cokelat hitam dengan kandungan cokelat minimal 80 persen. Tak perlu ditambahkan gula atau susu. Konsumsi langsung untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s