Destinasi

Air Terjun Sekumpul

Mengulas tentang pariwisata di Pulau Bali memang tidak ada habisnya. Seperti yang kita tahu guys, Pulau Bali memang paling terkenal tentang keindahanya sampai taraf dunia. Tapi kebanyakan dari wisatawan tersebut hanya mengeksplor keindahan destinasi pantainya saja. Padahal Pulau Bali juga mempunyai destinasi keindahan wisata didaerah pegunungan. Salah satunya Air Terjun Sekumpul yang terletak disebelah utara Pulau Bali.

sekumpul1.jpg

Air Terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Berjarak sekitar 76 km dari Denpasar atau 20 km dari kota Singaraja atau denga jarak tempuh perjalanan sekitar 1 jam.  Ada 2 rute untuk menuju ke Air Terjun Sekumpul.  Yang pertama arah Singaraja dengan melewati Kawasan Wisata Bedegul. Sampai kota Singaraja ambil arah ke Kecamatan Sawan lalu ke Desa Sekumpul.

Untuk rute yang kedua setelah melewati Kawasan Wisata Bedegul sekitar 10 km terdapat pertigaan kecil. Di pertigaan tersebut ambil belokan  ke kanan dan ikuti terus jalan ini hingga tiba di pintu masuk Air terjun Sekumpul sekitar 12 km jaraknya.

Air Terjun Sekumpul juga sering disebut dengan nama Air Terjun Gerombong. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 m. Sesuai dengan namanya (Air Terjun Sekumpul) bukan cuma satu air terjun yang akan kamu lihat di sini. Air Terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan. Dari tujuh air terjun yang ada, hanya dua air terjun yang jaraknya dekat dengan jalan utama. Sedangkan yang lagi lima, kamu perlu usaha ekstra untuk mencapai lokasinya.

Sebelum bisa menikmati air terjun dari deket, pengunjung akan diajak untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki setelah dari pintu masuk. Dengan melewati beberapa puluh anak tangga yang terbuat dari beton dan pegangan dari besi membuat pengunjung merasa aman untuk menuruni perbukitan. Saat menuruni anak tangga akan terdengar suara air terjun yang gemuruh menghantam air kolam yang berada dibawahnya. Setelah menuruni anak tangga ada sebuah jembatan dengan air sungai yang jernih dibawahnya tampak segar apabila berendam disana. Soft tracking sebentar setelah melewati jembatan melewati sebuah hutan kecil dan barulah sampai ke Ait Terjun Sekumpul yang cukup deras dan membasahi walaupun kita belum mendekat.

sekumpul2.jpg

Pada saat musim hujan kedua air terjun ini akan memiliki warna air yang berbeda, yang sebelah kiri airnya akan berwarna jernih dan bersih, karena berasal dari mata air yang letaknya diatas perbukitan Desa Sekumpul.

Sedangkan air terjun yang sebelah kanan akan berwarna keruh kecoklatan, karena airnya berasal dari sungai yang ada di desa Sekumpul.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi dan melihat pemandangan air terjun Sekumpul sambil melakukan aktivitas trekking, sebaiknya anda melakukannya di pagi hari. Waktu yang tempat untuk memulai perjalanan sekitar jam 07:00 – 08:00 pagi. Kami menyarankan anda untuk mengunjungi air terjun Sekumpul di pagi hari, karena peluang hujan di pagi hari lebih kecil dibandingkan dengan di sore hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s