Destinasi

Bukit Campuhan

campuhan

Bali terkenal dengan destinasi pantai yang begitu mempesona, namun tahukah Anda? Ada banyak tempat wisata alam selain pantai di Bali yang tidak kalah eksotisnya. Ya, Ubud. Ubud di Bali memang terkenal dengan alam hijau yang begitu indah. Kebanyakan para turis asing sangat suka dengan Ubud karena di sinilah mereka bisa menikmati Bali yang sebenarnya. Ubud yang di kelilingi oleh sawah yang terhampar luas di sepanjang jalan, didominasi pemukiman pelukis dan pemahat patung serta ritual adat istiadat yang masih sangat bisa di rasakan adalah beberapa faktor daya tarik dari Ubud.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Ubud. Salah satunya adalah olahraga yang berbuhungan dengan alam. Kali ini editor akan membahas salah satu destinasi olahraga trekking di Ubud.

Jika Anda pecinta olah raga khususnya trekking, Ubud menyediakan tempat trekking yang pemandangan indahnya mampu menyejukkan mata sekaligus menghapus rasa lelah. Orang sering menjulukinya sebagai “Bukit Suci Gunung Lebah” namun nama asli dari bukit ini adalah Bukit Campuhan.

Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang masih asri. Objek wisata ini dipenuhi oleh rumput ilalang serta disediakan jalur joging track dengan lebar 1.5 meter pada puncak bukit. Panjang jalur trekking sekitar 2km. Selain pemandangan unik rumput ilalang yang terlihat hijau, juga keindahan lembah sungai Campuhan dengan pohon-pohon tropisnya terlihat hijau bersemi, pada seberang sungai terlihat hamparan sawah terasering.

Bukit Campuhan menjadi tempat spesial untuk bisa merasakan alam Bali indah, kegiatan trekking ini tidak perlu menguras tenaga, anda sudah bisa menikmati panorama alam yang luar biasa. Jika sudah sudah terbiasa dengan alam pantai, atau pusat keramaian seperti Kuta, Legian, Tanjung Benoa ataupun Denpasar, maka untuk menjauhkan diri dari kebosanan agar bisa menikmati alam damai, tenang dan asri serta dengan angin pegunungan menyegarkan maka Bukit Campuhan akan menjadi tempat rekreasi terbaik Anda.

campuhan1.jpg

Untuk menuju Bukit Campuhan, Anda hanya tinggal langsung menuju Ubud, dan mencari Pura Gunung Lebah.  Sekitar 60 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, sedangkan dari pusat kota Ubud berselang 5 menit dengan kendaraan. Dari patung Arjuna pertigaan Ubud – Tegalalang, menuju arah Barat ke pusat Ubud, lewat kota (pasar seni) Ubud, sekitar 5 menit dari sini sebelum jembatan sungai Campuhan, sebelah kanan jalan Anda akan bertemu Ibah hotel (Warwick Ibah Luxury Villas & Spa),maka beloklah menuju Ibah hotel, kemudian ambil jalan turunan sebelah kirinya, sekitar 30 meter dari pintu gerbang Ibah hotel, ada satu-satunya tempat untuk parkir mobil / sepeda motor di halaman sekolaah SMK. Kalau halaman sekolah ini penuh parkir atau malah tidak diijinkan maka anda harus cari tempat parkir pada sepanjang jalan raya Campuhan Ubud.

Sekitar 10 meter dari pelataran parkir sekolah SMK tersebut, ada sebuah pura bernama pura Gunung Lebah, kalau ambil jalan ke kiri maka menuju pintu gerbang utama menuju pura, maka ambilah jalan ke kanan samping pura yang mengarahkan anda menuju start point ke jalan trekking ke Bukit Campuhan, panjang jalur trekking sekitar 2 km, dengan berbagai keindahan yang disajikan. Jadi start point menuju jogging track dari jalan raya utama Campuhan – Ubud adalah sekitar 40 meter.

Tempat yang indah ini selain sebagai tempat wisata trekking baik dengan berjalan kaki ataupun dengan sepeda kayuh, kadang-kadang digunakan sebagi tempat meditasi untuk menenangkan pikiran, juga tentunya sebagai tempat photo-photo yang spektakuler serta sebagi tempat poto pre-wedding. Untuk mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya masuk, alias gratis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s